Kamis, 05 Desember 2013

Universitas Terbaik di Kalimantan Barat 2013

Peringkat Universitas sangat dibutuhkan oleh calon mahasiswa untuk mengetahui kemampuan universitas yang ada baik di Indonesia maupun di dunia.webometrics adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui website,berkerjasama dengan lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Dalam setahun, badan ini mengeluarkan daftar peringkat, yaitu Bulan Januari dan Juli
Di Indonesia hampir setiap kota besar memiliki universitas dengan berbagai macam cabang disiplin ilmu yang ditawarkan termasuk di KALIMANTAN BARAT, para siswa SMU pastinya banyak berangan untuk mendapatkan perguruan tinggi terbaik  dan berikut adalah peringkat perguruan tinggi di kalimantan barat yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics pada tahun 2013.

1.UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Ranking Nasional : 104 
Ranking Dunia : 8467
Alamat : Jalan Ahmad Yani Pontianak,Kalimantan Barat

Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 sebagai perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Daya Nasional oleh Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional. Tenaga pengajar pada waktu pertama kali berdiri adalah para sarjana dan sarjana muda yang ada di daerah Kalimantan Barat. Universitas Daya Nasional kemudian dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak ( UNEP ) berdasarkan SK Menteri PTIP Nomor 53 tahun 1963, tanggal 16 Mei 1963.
Sesuai dengan perkembangan politik dan kenegaraan pada tahun 1965, UNEP berganti nama menjadi Universitas Dwikora pada tanggal 14 September 1965. Selanjutnya, dengan surat keputusan Presiden RI Nomor 171 tahun 1961 terhitung tanggal 15 Agustus 1967, ditetapkan kembali perubahan nama dari Universitas Dwikora menjadi Universitas Tanjungpura ( UNTAN ) yang akhirnya bertahan hingga sekarang . Hingga saat ini, UNTAN memiliki 8 Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua ( S2 ).


2.POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK
Ranking Nasional : 141
Ranking Dunia : 10.865
Alamat : Jalan Ahmad Yani Pontianak,Kalimantan Barat

Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) berdiri pada areal tanah 6.3 hektar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 80/DIKTI/KEP/1985. Pada awal berdirinya Polnep memiliki nama Politeknik Universitas Tanjungpura dengan 3 jurusan, yaitu:
(a) Teknik Sipil,
(b) Teknik Mesin, dan
(c) Teknik Elektro.
Tahun 1994 dibuka Jurusan Tata Niaga dengan program studi Akuntansi dan Administrasi Niaga (selanjutnya, tahun 1997 menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis). Pada tahun 1988, Polnep memperoleh status otonomi penuh dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Pontianak, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Tanggal 27 April 1997 Nomor : 079/0/1997, tanggal ini juga dijadikan hari dies natalis.
Tahun 1999 dibuka Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan. Tahun 2002 dibuka Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Program Studi Budidaya Perikanan. Tahun 2003 bertambah dengan Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Tahun 2007 bertambah satu Program Studi yaitu teknik Elektronika. Pada tahun 2008 Polnep kembali menambah Program Studi Baru untuk jenjang DIV yaitu : Teknik Perencanaan Perumahan dan Pemukiman, Administrasi Instansi Pemerintahan dan Akuntansi Sektor Publik. Tahun 2009 membuka Program Studi Teknik Informatika dan pada tahun 2010 kembali membuka Program Studi Operator dan Peralatan berat jenjang DI.

Pada saat ini Polnep memiliki delapan jurusan yang terdiri atas duabelas program studi D III,tiga program studi DIV, satu program studi DI dan satu program kerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum,membuka program pendidikan D III danD IV Pusbiktek, Status akreditasi tertinggi adalah B.

Masing-masing program studi tersebut secara terus menerus bersinergi dengan seluruh komunitas Polnep dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada peserta didik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, bertanggung jawab, dan memberikan kontribusi didalam meningkatkan saya saing bangsa.
Polnep merupakan sistem Pendidikan Tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi.



3.UNIVERSITAS PANCA BHAKTI PONTIANAK
Ranking Nasional : 276
Ranking Dunia : 18.002
Website : http://upb.ac.id/
Alamat : Jalan Kom Yos. Sudarso Pontianak,Kalimantan Barat

Universitas Panca Bhakti (UPB) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Universitas Panca Bhakti pada awalnya merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi dan Akademi di Pontianak yang dibentuk oleh Yayasan Panca Bhakti Pontianak, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) tahun 1979, STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) dan STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Teknik) tahun 1981 dan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian) tahun 1982.

Sekarang ini Universitas Panca Bhakti  Pontianak terdiri dari 4 (empat) Fakultas,  yaitu: Fakultas Hukum, Teknik, Pertanian dan Ekonomi, dengan memiliki  6 (enam) program studi S-1, yaitu: program studi Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Manajemen dan Akuntansi.  dan tentunya semua sudah terakreditasi.




4.UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
Ranking Nasional : 316
Ranking Dunia : 19.693
Alamat : Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak,Kalimantan Barat

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK ( UMP ) merupakan satu dari 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Pendirian diprakarsai oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat periode 1985 - 1990, dan selanjutnya diresmikan pendiriannya oleh Pimpinan Pusat Persyarikatan Muhammadiyah yang diwakili oleh Ketua Majelis Dikti Muhammadaiyah Drs. Djazman Al-Kindi pada tanggal 3 Oktober tahun 1990. UMP diberi izin pendirian sesuai Surat Keputusan (SK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0518/O/1990 dengan status terdaftar untuk 3 (tiga) fakultas yaitu:
Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Perairan, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin. 
Pada awal pendirian (1990 – 1991) kegiatan administrasi dan perkuliahan dilaksanakan di Komplek  Perguruan Muhammadiyah (gedung SMA Muhammadiyah) Jalan A. Yani Pontianak. Selanjutnya akhir tahun 1991 UMP membeli gedung olah raga yang terletak di Jalan A. Yani No. 111 Pontianak, bersebelahan dengan Gedung Komisi Pemilihan (KPU) Provinsi serta Kantor Gubernur Kalimantan Barat, sehingga pada akhir tahun yang sama seluruh kegiatan administrasi dan perkuliahan dilaksanakan di gedung tersebut setelah dilakukan renovasi.

Pada tahun 1991, UMP mendirikan Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam sesuai dengan SK Menteri Agama Nomor: 125 Tahun 1991 tanggal 12 Juli 1991. Kemudian pada tahun 1996. Sesuai dengan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 499 Tahun 1996, Fakultas (FAI) Tarbiyah berubah nama menjadi Fakultas Agama Islam, kemudian pada tahun yang sama Fakultas Pertanian berubah menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Pada tahun 2002, FAI mendirikan Program Diploma II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI) sesuai dengan SK Koordinator Kopertais Wilayah XI Kalimantan Nomor: C/II/07/2002, dan ditutup pada tahun 2006 karena UMP mendirikan prodi Diploma II Pendidikan Anak Usia Dini. Pada tahun 2003 UMP mendirikan Fakultas Kesehatan dengan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sesuai dengan surat Depdiknas Dirjen Dikti Nomor 1621/D/T/2003 tanggal 31 juli 2003.

Tahun 2007, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) didirikan karena 2 (dua) Program studi yang diusulkan diberi izin operasional berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 2929/D/T/ 2007 yaitu Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kimia yang keduanya untuk jenjang strata satu (S1).



Demikianlah peringkat perguruan tinggi di Kalimantan Barat versi pemeringkatan Webometrics di tahun 2013,dan semoga di tahun-tahun berikutnya semakin banyak lagi PTN dan PTS Kal-bar yang masuk dalam pemeringkatan nasional dan dunia.

Sumber :
Webometrics : http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20
Universitas Tanjungpura : http://www.untan.ac.id/
Politeknik Negeri Pontianak : http://www.polnep.ac.id/
Universitas Panca Bhakti Pontianak : http://upb.ac.id/
Universitas Muhammadiyah Pontianak : http://unmuhpnk.ac.id/





Share:

1 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus