Senin, 02 Desember 2013

KSP Intidana Atrium Senen

Mata Kuliah : Ekonomi Koperasi


Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana hadir di Cabang Atrium Pasar Senen Jakarta Pusat sejak 30 Maret 2012.Berawal dari sebuah niat untuk melestarikan sekaligus mengembangkan koperasi sebagai saka guru perekonomian bangsa, maka pada tanggal 21 Mei 2001di Semarang, tercetus sebuah komitmen dari para pendiri untuk bersama-sama membentuk Koperasi Simpan Pinjam “Intidana”.

Berbekal tekad kuat untuk dapat mengembangkan diri dan membesarkan para anggotanya, KSP Intidana terus berupaya meningkatkan kualitas layanan, antara lain melalui perluasan produk simpanan maupun pinjaman, perluasan jangkauan lokasi layanan, pemanfaatan teknologi untuk mempermudah akses bagi kebutuhan anggota, manajemen yang profesional dan pelayanan prima dari seluruh mitra kerja KSP Intidana.
Setelah 12 Tahun berkarya,KSP Intidana kini memiliki 26 Kantor Cabang Utama dan 6 Kantor Cabang Pembantu yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta, dengan anggota +/- 87 ribu orang, menjadi pelopor gerakan koperasi berjaringan online pertama dan memiliki fasilitas ATM mobile pertama di Indonesia, dengan jaringan ATM terbanyak, mempersembahkan sebuah akulturasi antara warisan budaya dan kemajuan teknologi, yakni sebuah koperasi simpan pinjam berbasis teknologi, dengan harapan dapat memberikan makna, dalam mempermudah kehidupan para anggota khususnya maupun masyarakat pada umumnya.

Dengan apa yang telah diperoleh saat ini tidak membuat KSP Intidana cepat berpuas diri,untuk menciptakan mimpi baru, demi kemajuan langkah yang lebih besar di masa yang akan datang. Sebuah tekad yang mendorong untuk bekerja lebih keras, terus berinovasi, dengan harapan dapat segera mensejajarkan diri dengan koperasi-koperasi maju, menuju kelas dunia pada tahun 2018,dengan kemajuan teknologi dan membuat segala urusan menjadi lebih mudah, sederhana, dengan perasaan yang nyaman dan aman.


Visi
  • Menjadi pelopor koperasi yang terpercaya, aman, kuat, berkembang, berbasis teknologi dan dapat memberikan manfaat lebih untuk usaha kecil dan menengah bagi masyarakat.



Misi
  • Memberikan rasa aman dan terpercaya terhadap seluruh shareholder Koperasi Simpan Pinjam Intidana.
  • Mengelola Koperasi secara Profesional yang berbasis modern tanpa meninggalkan jati diri Koperasi.
  • Mengembangkan inovasi produk dan jaringan guna memberikan manfaat serta layanan bagi perekonomian di usaha kecil dan menengah.
  • Merubah Brand Image masyarakat tentang budaya Koperasi.



Motto
Dari, Oleh dan Untuk Anda, Kami Bisa
Jiwa dari kata "Anda" adalah Anggota dan Calon Anggota atau Koperasi lain seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang Koperasi.
"Kami Bisa" mengandung makna bahwa dalam operasional usahanya KSP Intidana senantiasa berusaha dan bertekad untuk menjadi sebuah Badan Usaha yang berjati diri Koperasi.





SEJARAH SINGKAT
Rapat Pembentukan KSP INTIDANA dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2001 bertempat di rumah Bpk. Susilo Winarko, alamat Jl. Menoreh Raya 34 Semarang. Dan di Hadiri oleh calon anggota Koperasi sekaligus sebagai pendiri Koperasi, Pejabat Dinas Koperasi Kodya Semarang dan Dinas Koperasi Jawa Tengah. 
Keputusan / kesepakatan yang diambil dalam rapat pembentukan antara lain :
  1. Membentuk Koperasi Simpan Pinjam dengan nama INTIDANA.
  2. Meminta bantuan dan menyerahkan proses ijin usaha ke Dinas Koperasi dan instansi lainnya kepada Bpk. Suwardi dari Dinas Koperasi Kodya Semarang.
  3. Menguasakan kepada lima orang anggota Koperasi yang sekaligus menjadi pengurus Koperasi yang pertama yaitu Goentoro Prayogo sebagai Ketua I, Heru Jatmiko/Ketua II, Handoko/Sekretaris I, Eko Bambang Setyono/Sekretaris II, dan Heryanto sebagai Bendahara.
  4. Kantor Koperasi sementara menggunakan rumah Bpk. Goentoro Prayogo beralamat di Jl. Badak I/65.
  5. Merekrut karyawan untuk menjalankan usaha yang dipertanggung jawabkan kepada pengurus.
  6. Segera menyusun Anggaran Rumah Tangga.



Berdasarkan Surat keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI nomor 14020.BH/KWK.11/V/2001 tanggal 2001, Koperasi Simpan Pinjam Intidana secara sah ber Badan Hukum yang sekaligus sebagai Ijin Usaha.

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) INTIDANA adalah Koperasi Primer yang bergerak di bidang Usaha Simpan Pinjam. KSP INTIDANA secara legal formal berdiri pada tanggal 21 Mei 2001 dengan Kewilayahan Keanggotaan Provinsi Jawa Tengah. Sejak berdiri sampai sekarang KSP INTIDANA telah berkembang cukup bagus, hal ini berdasarkan indicator Peningkatan Asset, Jumlah Kantor Cabang, dan Anggota/Calon Anggota yang dilayani. Sampai dengan akhir tahun 2012 KSP INTIDANA telah melakukan Perubahan Anggaran Dasar(PAD) sebanyak 3 kali, yang terakhir dilaksanakan sesuai dengan Akte Notaris Semarang, Zulaicha, SH. Mkn. Nomor 25 tanggal 17 Juni 2010. Yang secara substansial mencangkup 2 hal:
  1. KSP INTIDANA dalam melaksanakan Rapat Anggota menggunakan system delegasi (Perwakilan)
  2. Kewilayahan Anggota mencangkup Nasional.


Perubahan Anggaran Dasar (PAD) tersebut telah terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM RI sesuai dengan surat nomor : 289/Dep.1.1/VII/2010 tanggal 2 Juli 2010.
Sebagai Koperasi berskala Nasional KSP INTIDANA telah menerima Ijin Operasional Simpan Pinjam dari Kementerian Koperasi dan UKM RI sesuai surat nomor : 201/SISP/Dep.1/VI/2012 tanggal 5 Juni 2012.
Pada saat ini KSP INTIDANA menduduki peringkat ke – 13 Koperasi Besar Indonesia.

Produk-produk yang terdapat dalam layanan KSP INTIDANA:

  • INTIDANA GUNA
Intidana Guna adalah fasilitas pinjaman dari Koperasi kepada Anggota untuk memfasilitasi keperluan konsumsi. Misal pembelian peralatan elektronik, pembelian sepeda motor, biaya pendidikan, pesta perkawinan dan untuk keperluan lain yang tidak dapat dibiayai dengan fasilitas KPM, KPR dan KPPR.
  • INTIDANA RENO
Intidana Reno adalah fasilitas pinjaman dari Koperasi kepada Anggota untuk memfasilitasi pembangunan rumah, di atas tanah kosong atau mengembangkan dan meningkatkan mutu rumah yang sudah ada (renovasi) baik terletak di dalam ataupun di luar kawasan real estate (melalui developer atau non developer)
  • SIMPANAN BERJANGKA ON CALL
Simpanan Berjangka On Call adalah penempatan dana oleh anggota / calon anggota dalam bentuk simpanan berjangka yang penarikannya hanya bisa dilakukan melalui pemberitahuan terlebih dahulu sesuai kesepakatan bersama.Simpanan Berjangka On Call dari Intidana merupakan produk simpanan berjangka yang menawarkan hasil investasi yang tinggi.
  • SIMPANAN BERJANGKA
Simpanan Berjangka Intidana adalah program simpanan yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan tingkat suku bunga bersaing.
  • TABUNGAN WARKAT
Warkat adalah tabungan dengan manfaat lebih dalam berbisnis serta kemudahan transaksi finansial non tunai.Tabungan Warkat Intidana bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada Anggota/Calon Anggota di wilayah usaha KSP Intidana.
  • TAKASI INTIDANA
KSP Intidana mempersembahkan Tabungan TAKASI bagi Anda yang menginginkan keleluasaan berinvestasi dengan akses transaksi yang mudah, cepat dan aman serta menginginkan bagi hasil setara deposito dan bebas biaya serta berbagai keuntungan lainnya.Takasi Intidana adalah Tabungan dengan saldo kecil dan manfaat bunga yang besarnya setingkat bunga Deposito. Memudahkan urusan hidup, fleksibel, membawa keuntungan yang besar.  
  • TABUNGAN BERJANGKA(TAKA)
Tabungan Berjangka (TAKA) Intidana adalah tabungan berjangka yang memberi kebebasan para Anggota/Calon Anggota menentukan jumlah nominal serta jangka waktu yang telah direncanakan. KSP Intidana hadir siap membantu rencana masa depan dan mewujudkan impian yang diinginkan oleh para Anggota/Calon Anggota. 
  • TABUNGAN INTIDANA
Simpanan Intidana adalah simpanan yang memberikan manfaat lebih dengan fasilitas dan kemudahan layanan setiap saat. Apabila dilakukan secara rutin, jumlah sedikitpun akan membuahkan kesejahteraan.

KSU INTIDANA Atrium Senen
RUKO ATRIUM SENEN BLOK E NO 16-17 JAKARTA PUSAT
Telp. (021) 34835108 (HUNTING), 348351 09 Fax (021) 34832073

Sumber : 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar