Sabtu, 07 Desember 2013

Bab 1 : Lembaga Keuangan

Mata Kuliah : Bank & Lembaga Keuangan
Semester : III
*rangkuman


Lembaga keuangan
Menurut Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.792 tahun 1990 tentang “Lembaga keuangan”,Lembaga keuangan diberi batasan sebagai semua badan yang kegiatannya dibidang keuangan,melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan.


Bank dan Lembaga Keuangan

Fungsi Bank                                                 
fungsi utamanya adalah menghimpun dana dari masyrakat dan menyalurkan kembali kepada masyrakat untuk berbagai macam tujuan
berikut Secara Spesifik :
  • Agent of Trust : Kepercayaan baik dalam hal penghimpunan dana maupun penyaluran dana.
  • Agent of Development : Hubungan antara sektor moneter dan sektor rill dari segi investasi,distribusi dan konsumsi.
  • Agent of Services : Penawaran jasa perbankan kepada masyarakat.Jasa ini berbentuk pengiriman uang,penitipan barang berharga dll


Lembaga Keuangan sebagai Lembaga Perantara                        
Lembaga keuangan pada dasarnya mempunyai fungsi mentransfer dana dari penabung atau unit surplus kepada peminjam atau unit defisit. Dana tersebut dialokasikan dengan negosiasi antara pemilik dana dengan pemakai melalui pasar uang dan pasar modal.

Peran Bank dan Lembaga Keuangan bukan bank          
Peran penting dalam sistem keuangan yaitu:
  • Pengalihan Aset : Sumber dana pinjaman tersebut diperoleh dari pemilik dana yaitu unit surplus yang jangka waktunya dapat diatur sesuai dengan keinginan pemilik dana. Dalam hal ini bank dan lembaga keuangan bukan bank  telah berperan sebagai pengalih aset yang likuid dari unit surplus kepada unit defisit.
  • Transaksi : Bank dan lembaga keuangan bukan bank memberikan berbagai kemudahan bagi pelaku ekonomi untuk melakukan transaksi barang dan jasa.
  • Likuiditas : Tiap-tiap produk yang ada mempunyai likuiditas yang berbeda,oleh karena itu tiap para pemilik dana dapat menempatkan dananya sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya.
  • Efisiensi : Peranan bank dan lembaga keuangan bank bukan hanya sebagai peminjam,tapi menemukan peminjam dan pengguna modal tanpa mengubah produknya.Perannya semakin penting untuk memecahkan masalah insentif ini




Intermediasi dan pengawasan
Fungsi lembaga keuangan adalah sebagai perantara keuangan yang menghubungkan unit surplus(yang mengalami kelebihan likuiditas)denga unit defisit(yang mengalami kekurangan likuiditas).Hal ini berarti bahwa  lembaga keuangan memungkinkan adanya aliran dana dari pemberi pinjaman  atau deposan atau unit surplus kepada peminjam atau enterupener atau peminjam atau unit deposit.posisi yang berbeda antara pemberi pinjaman dan peminjam menyebabkan informasi yang dimiliki masing-masing pihak juga tidak sama.Peminjam cenderung lebih memiliki informasitentang penggunaan pinjaman serta seluk beluknya,karena memang sialah yang mengelola dana tersebutuntuk tujuan investasi atau konsumsi tertentu.Di sisi lain pihak pemberi pinjaman kurang memiliki informasi tentang kondisi penggunaan dana oleh peminjam.Unit defisit lebih mengetahui  secara rinci efesien  pengunaan dananya,arus kas usahanya,besarnya laba atau rugi yang di hasilkan,masalah keuangan yang muncul,dan juga termasuk penyimpangan penggunaan dan bila memang terjadi.Secara teoritis,kondisi akses informasi yang tidak sama ini disebut dengan kondisi informasi asimetris.




Klarifikasi Uang
Secara teoritis uang dapat diklasifikasikan dalam dua golongan utama,yaitu uang dalam pengertian sempit(narrow money) serta uang dalam pengertian luas(broad money).


1.Dalam Arti Sempit   : Bentuk uang yang dianggap memiliki likuiditas paling tinggi.Uang yang dimasukkan dalampengertian ini biasanya adalah Uang Kartal danUang Giral.
  • Uang Kartal adalah uang resmi atau alat pembayaran yang sah yang dikeluarkan oleh bank sentral atau Bank Indonesia yang berupakertas atau logam yang biasa digunakanmasyarakat untuk kegiatan sehari-sehari.
  • Uang Giral adalah simpanan dana masyarakat pada lembaga keuangan bank berupa rekening giro.          



2.Dalam Arti Luas                 
Dapat diartikan dalam 2 kelompok yaitu :

M2 terdiri dari :
  • Narrow Money   : ditambah dengan rekening tabungan
  • Saving Deposit   : simpanan dana masyarakat pada lembaga keuangan bank berupa rekening tabungan.
  • Time Deposit    : simpanan masyrakat pada lembaga keuangan bank berupa rekening deposito


M3 adalah M2 ditambah seluruh simpanan dana masyarakat pada lembaga keuangan bukan bank


Fungsi Uang                          :
Uang adalah sesuatu yang diterima sebagai alatpembayaran untuk pembelian barang dan jasa pembayaran hutang ,pajak dan lain-lain

Syarat Uang                          
  • Uang harus dapat diterima secara Umum,bila uang tidak diterima dan diketahui secara umum mustahil untk menggunakannya sebagai alat pertukaran.
  • Uang harus memiliki nilai yang stabil, bila uang tidak memiliki nilai yang stabil,orang tidak akan menaruh kepercayaan. Sebagai akibatnya fungsi uang juga tidak akan berjalan. Akan tetapi, dalam kenyataannya nilai uang selalu mengalami perubahan. Meski pun demikian perlu dijaga agar perubahan tersebut tidak besar
  • Jumlah yang beredar harus mencukupo kebutuhan. Kekurangan suplai uang akan membahayakan kegiatan perekonomiaan. Oleh karena itu, otoritas moneter perlu memantau perkembangan perekenomian sehingga elastisitas ketersediaan dana tetap terjaga
  • Uang harus mudah dibawa untuk urusan setiap hari dan justru tidak menjadi hambatan untuk melaksanakan transaksi.
  • Dalam proses transaksi bisnis, uang akan berpindah-pindah tangan . Meskipun uang tersebut berpindah tangan , harus dijamin agar nilai fisiknya mampu bertahan


Peran Uang                            
  • Alat tukar-menukar : Uang bermanfaat sebagai alat tukar menukar sehingga uang tersebut sebagai alat yang secara tidak langsung mempertemukan antara penjual dan pembeli.Dengan adanya ingin proses transaksi semakin lancar
  • Alat Pengukur Nilai : Uang digunakan sebagai alat yang dapat menunjukan nilai barang dan jasa yang diperjualbelikan, besarnya kekayaan seseorang.
  • Standar pembayaran masa depan: Uang berfungsi sebagai standar pembayaran masa depan atau untuk pencicilan uang atau pembayaran
  • Alat penimbun kekayaan atau daya beli : Uang berfungsi penibunan kekayaan di karenakan uang dapat digunakan sebagai alat penimbunan kekayaan akibat akan memngaruhi pemegangan uang oleh seseorang.



Aset Keuangan

  • Aset adalah Suatu kepemilikan yang memiliki nilai tukar
  • Aset Berwujud           : Yang ada bentuk fisik(tanah dan air)
  • Aset tak Berwujud     : Tidak bergantung kepada fisik ,manfaat atau nilai bisa di klaim di masa depan
  • Aset Keuangan =  Instrumen Keuangan = Sekuantitas Keuangan
  • Issuer  : Pihak yang bersetuju membayar kas di masa depan
  • Investor          : Pemilik Pemegang Aset Keuangan







Share:

1 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus